Magister Akuntansi

Leveraging Accountant to Be a Business Inventor

Elective Program

Financial Reporting & Business Assurance    |    Strategic Management Accounting.

Visi

Menjadi Program Magister yang mengembangkan ilmu dan praktik akuntansi dengan berlandaskan Pancasila dan prinsip Katolik serta peduli, komit dan antusias untuk menghasilkan karya kreatif dan inovatif.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan magister akuntansi yang berkualitas untuk semua golongan masyarakat dengan disertai nilai-nilai keutamaan Universitas (peduli, komit, antusiasi/PeKA).
Mengembangkan penelitian bidang akuntansi untuk mengembangkan ilmu dan praktik akuntansi, sehingga dapat menghasilkan karya-karya kreatif dan inovatif yang mendapatkan pengakuan secara nasional.
Mengembangkan konsep pengabdian masyarakat yang dapat memecahkan masalah akuntansi, pajak dan bisnis bagi masyarakat secara antar, lintas dan multi disiplin ilmu.

Sekilas Pandang

Informasi keuangan, yang dihasilkan oleh proses akuntansi, merupakan bahasa universal dalam kegiatan bisnis. Bahasa universal bisnis tersebut bukan merupakan sumber utama bagi pengambilan keputusan. Informasi non keuangan menjadi kebutuhan pelaku bisnis untuk dapat memahami kondisi persaingan di era globalisasi dan pasar bebas. Pemahaman informasi non keuangan dan keuangan secara komprehensif mendukung para pelaku usaha sehingga dapat mengambil keputusan secara tepat.  Keputusan bisnis akan berdampak pada konsekuensi pajak. Pajak adalah kos yang harus dikelola oleh para pelaku usaha. Pengelolaan pajak dapat menjadi salah satu keunggulan bersaing perusahaan. Keunggulan bersaing dibutuhkan oleh perusahaan untuk memperoleh imbal jasa (return) atas investasi usahanya. Proses mencapai keunggulan bersaing ini melalui penelitian dan pengembangan yang membentuk pembelajaran bagi individu-individu dalam perusahaan.

Pembelajaran dapat diperoleh melalui pengalaman dalam praktik bisnis, dan dapat dipertajam melalui program pendidikan formal. Magister Akuntansi (MAKSI) UKWMS menyediakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam (1) praktik pelaporan keuangan, (2) atestasi kegiatan bisnis dan pelaporan keuangan, dan (3) menggunakan informasi keuangan dan non keuangan secara komprehensif dengan mempertimbangkan pajak sebagai kos sehingga dapat mendukung pengambilan keputusan bisnis. Pencapaian tujuan ini membekali peserta didik untuk menjadi inventor bisnis dalam bidang usahanya masing-masing, sehingga dapat mendukung keunggulan bersaingnya.

MAHASISWA MAGISTER AKUNTANSI

Mengapa UKWMS

Keunggulan Program Magister Akuntansi UKWMS

Rancangan kurikulum yang mempertimbangkan aspek perpajakan. Aspek perpajakan menjadi pokok bahasan dalam setiap mata kuliah baik di bidang minat Pelaporan Keuangan dan Business Assurance, serta Strategic Management Accounting.
Kerjasama dengan berbagai asosiasi profesi antara lain: Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Timur, Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI), dan Ikatan Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI) dalam proses belajar mengajar (dalam konfirmasi).
Program-program pengayaan yang dapat melengkapi dan meningkatkan kompetensi dan soft skill mahasiswa, seperti: capacity building, table manner, diskusi pakar bisnis, dan company brainstorming.
Berita Akuntansi

Sistem Perkuliahan

Program Magister Akuntansi menerapkan sistem perkuliahan berdasarkan Sistem Kredit Semester. Sistem ini mensyaratkan pertemuan selama 16 kali dalam satu semester, yang meliputi: 14 kali tatap muka, 1 kali ujian tengah semester (UTS), dan 1 kali ujian akhir semester (UAS).
Sistem Kredit Semester di Program Pascasarjana memberlakukan 1 SKS ekuivalen dengan 60 menit tatap muka, 60 menit tugas terstruktur, dan 60 menit belajar mandiri.
Mahasiswa dapat menyelesaikan studinya selama 16 bulan (4 semester).
Perkuliahan diselenggarakan secara bilingual (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris).
Untuk menyiapkan mahasiswa masuk dalam perkuliahan regular, Program Magister Akuntansi menyediakan kelas matrikulasi: Akuntansi Keuangan dan Manajemen.

Pendaftaran

Calon mahasiswa Magister Akuntansi harus memiliki ijazah S-1 dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) > 2,75 atau setingkat Bachelor dari Perguruan Tinggi di luar negeri yang ijazahnya sudah disahkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Depdiknas. Calon mahasiswa juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran lain, yaitu:

Membeli formulir pendaftaran.
Mengumpulkan formulir pendaftaran, beserta kelengkapannya:

  • Salinan ijazah sarjana (S-1) yang telah dilegalisir.
  • Salinan transkrip nilai sarjana (S-1) yang telah dilegalisir.
  • Surat pernyataan kesanggupan membayar.
  • Penilaian pelayanan akademik (referensi).
  • Surat keterangan sehat.

Mengikuti tes masuk, dan dinyatakan lulus tes masuk meliputi: Tes Kemampuan Akademik (TKA), bahasa Inggris, dan wawancara.

Mata Kuliah

Short Descriptions Here

Mata Kuliah Dasar

SKS
Semester 1   SKS   
Pelaporan dan Tata Kelola Korporat 3 SKS
Perpajakan 3 SKS
Sistem Informasi dan Pengendalian Internal 3 SKS
Etika Profesi dan Hukum Bisnis 2 SKS
Semester 2  SKS
Pengauditan dan Atestasi 3 SKS
Akuntansi Manajemen dan Biaya 3 SKS
Manajemen Keuangan dan Pasar Modal 3 SKS
Metode Riset Akuntansi 2 SKS
TOTAL :   22 SKS   

Pelaporan Keuangan & Business Assurance

SKS
Semester 3   SKS   
Standard dan Analisis Akuntansi Keuangan *) 3 SKS
Analisis Informasi Keuangan *) 3 SKS
Praktik Audit *) 3 SKS
Semester 4  SKS
Thesis 5 SKS
TOTAL :   9 SKS   

*) Pokok bahasan dalam mata kuliah tersebut meliputi aspek perpajakan.

Strategic Management Accounting

SKS
Semester 3   SKS   
Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan *) 3 SKS
Manajemen Biaya *) 3 SKS
Sistem Pengendalian Stratejik *) 3 SKS
Semester 4  SKS
Thesis 5 SKS
TOTAL :   9 SKS   

*) Pokok bahasan dalam mata kuliah tersebut meliputi aspek perpajakan.

Staf Pengajar

Short Descriptions Here

Prof. Drs. Ec. Henky Supit, Ak., CA

Title

Dr. Hartono Rahardjo, Ak., CA

Title

Dr. Mudjilah Rahayu, MM

Title

Dr. Lodovicus Lasdi, MM., Ak., CA

Title